Mengenal Burung Kakak Tua


Burung kakatua adalah binatang yang luarbiasa setia,bulu mereka sangat lembut dan mereka indah. Yang terpenting , mereka sangat pintar dan burung yang selalu ingin tau.

Burung kakatua senang pamer diri dan membuat tingkah lucu dengan membentangkan sayapnya, kepalanya naik turun ,menari dan berteriak.
Mereka sangat aktif dan selalu ingin tau mengenai lingkungan sekitarnya.

Burung kakatua yang bahagia menghabiskan waktunya dengan pertunjukan atau memeriksa dan memainkan bonekanya atau mainan yag diberikan dalam kandangnya.

Burung kakatua yang sendiri,tumbuh sehat sebagai hewan peliharaan jika tuannya menyediakan banyak waktu dan perhatian kepadanya, bermain dan mengungkapkan rasa sayang dalam tingkah laku sehari hari.
Bagaimanapun idealnya mempunyai 2 burung kakatua jika tuannya tidak punya waktu banyak untuk bermain dan memberikan perhatian kepada burung tersebut.
Dua ekor kakatua akan membantu untuk mencegah kebiasaan buruk yang disebabkan karena burung merasa bosan, contohnya seperti bersuara melengking dan mencabuti bulunya

Istilah dari kakaktua adalah dalam bahasa melayu mempunyai 2 sebutan pincher dan old father.

Pincher dapat diartikan pasti sebagai kakatua yang mempunyai paruh yang kuat,dan dapat menghancurkan berkeping2 mainan kayu dalam waktu yang singkat!

Burung ini memojok dan berkelakuan sangat berbeda dibanding burung parrot lainnya. Mereka lebih banyak mempunyai warna bulu burung yang sewarna, seperti putih atau hitam dan mereka mempunyai kepala yang tegak lurus ,kemampuan bergerak mengikuti sesuatu. Paruhnya sangat besar dan kuat dan mereka dengan mudahnya menghancurkan objek.

Kakatua di duga burung yang hidup paling lama dari jenis parrot lainnya seperti contoh jenis greater sulphur-crested mempunyai hidup hamper 100th. Sangat susah untuk menjelaskan umur dari kakatua, bagaimanapun kakatua yang muda mempunyai paruh lebih lembut dan pucat warnanya dan bulu burung yg lebih pucat, sementara burung yang tua mempunyai paruh yang lebih gelap dan punya striations dan bulu burung sudah penuh dengan warna

Dari beberapa spesies kelopak matanya yg betina akan berwarna merah ke coklat setelah 2 tahun. Ini membantu untuk menentuka jenis kelamin dari burung tersebut. Warna mata tidak nyata dalam beberapa spesies. Dalam kasus ini jenis untuk mengetahui jenis kelamin harus dengan penyelidikan ilmu kedokteran. endoscopy, dapat dilaksanakan dengan bantuan dokter hewan atau dari test dna nya, biasanya sample darah atau beberapa helai bulu burung dikirim untuk diperiksan dalam laboratorium

Burung kakatua mempunyai tempat tinggal alam yg dapat ditemui sebagian besar Australia dan Indonesia. Mereka ditemukan dalam 3 wilayah yang berbeda, hutan tadah hujan yg basah dan mempunyai temperature udara yang tinggi, tanah dataran rendah berumput dan pdang rumput yg luas dan kering

Ada 18 spesies dari burung kakatua (termasuk dalam burung nuri) dan 37 sub spesies, haya sedikit yag orang tahu untuk keperluan import. Kakatua adalah binatang yg langka dan dilindungi. Larangan keras untuk mengekspor seluruh burung dari Australia, jadi burung yg masih muda tersedia untuk dijual umum di amerika adalah hasil ternakan.

Perawatan untuk kakatua musti termasuk mandi pancuran /berendam seminggu sekali untuk mengumpulkan debu pada sayap dan agar bulu burung punya bentuk yang bagus. Pancuran dapat lebih bagus bila dibantu dengan tangan yang menahan semprotan air atau selang yang diberikan spray head yang bagus dan air yg hangat kuku. Mangkuk untuk berendam /wadah keramik berukuran 12-14inc atau (30-35cm) dapat ditempatkan pada bawah kandang atau tinggi /jarak dari lantai 39inc atau 1 meter apabila punya kandang burung yang besar. Sayapnya harus dijaga tetap seimbang jika kamu ingin burung tersebut tidak kehilangan semangat untuk terbang dan mencegah untuk kehilangan peliharanmu kabur melaui jendela/pintu. Paruh dan cakar butuh di tumpulkan agar mereka tidak merusak ketika memanjat dan mengigit. Bny macam tipe perches yg tersedia untuk tetap menjaga kuku tumpul, tapi mereka tetap butuh di tumpulkan apabila telah tumbuh.

Kakatua akan menghancurkan mineral block ,lava blocks dan yg dapat dihancurkan dengan paruhnya dengan cepat dan mereka tidak mau membuat paruhnya tumpul.

Diet pada kakatua adalah makanan basic biji2an hookbill dengan suplemet tambahan sprouted seeds dan semua buah2an yang kecil dan sayuran yang aman untuk burung seperti apel.pir,plum,raisons,jeruk,pisang,peach,wortel,br okoli,kacang panjang,chickweed,dandelions dan lainnya.

Jangan berikan alpukat karena itu racun bagi burung. Kadang kadang makanan protein dapat diberikan seperti cottage cheese, bits of cheese, telur matang ,canned dog food dan cooked meat bones. Tetap jauhi dari bumbu penyedap,daging pembuat kegemukan. Vitamin dan mineral bukan kebutuhan penting yang diberikan langsung saat diet dan ketika stress. Karena mereka menghancurkan calcium blocks, calcium harus dihancurkan dan ditaburkan dalam makanannya seminggu sekali.

Kakatua senang bersosialisasi dan ingin tahu yang tinggi, jadi kandang sebisa mungkin dekat dengan jalan yag sering dilewati oleh keluarga. Tempatkan kandang setinggi mata kita memandang dan jng terkena sinar matahari langsung. Minimal kandang untuk kakatua kecil adalaha  70X70X100 cm. Kandang yang besar untuk kakatua yg lebih besar musti dipertimbangkan. Jeruji yang horizontal yg terpenting karena kakatua suka memanjat.Jangan lupa kalau kakatua mempunyai paruh yang kuat,kakatua mampu menghancurkan jeruji dan menabrakan diri dalam kandang.tambahan untuk keamanan pintu kandang, snap lock yg terbaik. Kandang yg besar dan nyaman harus berukuran  100x100x200cm. Tenggeran berukuran 26-30mm untuk kakatua kecil dan (35-45 mm) untuk kakatua yg besar. Ranting dari pohon buah sangat baik dan pemeliharaan dengan ukuran yang bermacam2 untuk latihan kaki dan seperti mengasah paruh dan memuntulkan kuku. Wadah dari tmp makanan dan minuman harus terbuat dari keramik atau stainless steel.

Tempat pemeliharaan burung/kandang yg besar outdoor untuk breeding harus mempunyai tempat sembunyi yang aman dan dapat dihangatkan dan diidnginkan sesuai kepentingan dan mempunyai bedding pasir. Untuk alat penambahan kadang flight harus berukuran 2x3x2 m untuk kakatua kecil dan tentunya untuk kakatua yang besar perlu yang berukuran lebih besar. Jangan lupa kandang flight harus tertutup. Peralatan kandang flight dengan tempat tenggeran yang lebih tinggi dan tempat bermandi bagus juga bila disediakan.

5 Tanggapan

  1. ada gk burung

  2. terima kasih atas kepedulian sdra andika dan sdri Agustina karna sudah membantu melestarikan kaka tua yang ada di masakambing …semoga sukses selalu

  3. Gracias por lo que aportas a tus lectores

  4. Apakah bisa untuk memelihara burung kakak tua menurut peraturan

  5. Kakatua bisa dibiarkan hidup ditangkringan besi sj tanpa kandang dan tangkringannya dalam rumah? Thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: